Cara Setting DNS MyRepublic

Cara Setting DNS MyRepublic : Saran DNS Tercepat dan Terbaik

Posted on

Empat Pilar – Cara Setting DNS MyRepublic : Saran DNS Tercepat dan Terbaik. Apakah Kalian pernah merasa frustrasi dengan kecepatan internet yang lambat? Jangan khawatir, masalah ini dapat diselesaikan dengan mengatur DNS MyRepublic.

DNS (Domain Name System) adalah protokol yang memetakan alamat IP ke alamat domain sehingga Kalian dapat mengakses situs web dengan mudah.

Dalam panduan ini, Kalian akan mempelajari Cara Setting DNS MyRepublic dengan mudah dan cepat.

Apa Itu DNS ?

Domain Name System atau DNS adalah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator atau URL dengan alamat Internet Protocol Address atau IP Address. DNS merupakan kependekan dari domain name system.

Pada awal sejarah domain, untuk mengakses sebuah situs web, pengguna perlu mengetikkan IP Address secara manual. Hal ini cukup merepotkan karena pengguna harus memiliki daftar IP Address lengkap dari setiap situs web yang akan dikunjungi.

Namun, DNS hadir untuk memudahkan pekerjaan ini. Sekarang, pengguna hanya perlu mengingat nama domain dan memasukkannya ke dalam address bar. Kemudian, DNS akan menerjemahkan domain tersebut ke dalam IP Address yang dapat dipahami oleh komputer.

Sebagai contoh, jika pengguna ingin mengakses Google, daripada mengetikkan 172.217.0.142 secara manual di address bar, pengguna hanya perlu memasukkan alamat Google.com.

Fungsi DNS

Dari penjelasan di atas, DNS memiliki fungsi utama sebagai penerjemah antara pengguna dan server. Selain itu, DNS juga memiliki beberapa fungsi lain, yaitu:

  • Memetakan hostname dan IP Address secara global.
  • Meminta informasi IP Address sebuah website berdasarkan nama domain.
  • Menerjemahkan suatu hostname ke IP address ataupun sebaliknya.
  • Mencari alamat host untuk memenuhi permintaan client.
  • Pada sistem cache berperan melakukan pencarian data yang sesuai.
  • DNS Server bisa mengidentifikasi komputer yang ada di suatu jaringan sebagai sebuah titik.
  • Memfasilitasi pengiriman email dengan mencarikan server yang tepat.
  • Mengamankan aktivitas transfer data yang terjadi selama pengguna mengakses suatu website.

Cara Setting DNS MyRepublic Tercepat

Kamu bisa memilih dan mengganti nomor DNS MyRepublic untuk mengoptimalkan koneksi. Akan tetapi, kesalahan dalam konfigurasi maka secara otomatis tidak bisa melakukan browsing.

Pengaturan DNS MyRepublic terletak pada router dengan login fitur admin yang tersedia. Selain itu, penerapan parameter juga bisa berlaku untuk device yang mengakses jaringan WiFi.

Berikut adalah Cara Setting DNS MyRepublic yang paling sederhana dan cepat:

1. Pilih Nomor DNS

MyRepublic menyediakan beberapa nomor DNS yang bisa dipilih untuk fleksibilitas pemilihan server. Berikut ini adalah data lengkapnya:

  • 103.47.132.13
  • 103.47.132.195
  • 103.47.132.200
  • 103.47.134.195
  • 103.47.134.200

Selain menggunakan DNS standar dari provider, kamu juga bisa memilih DNS Public yang lebih cepat. Namun, beberapa ISP menerapkan blokir dan filter untuk keamanan pengguna selama berinternet.

2. Setting DNS

Pastikan kamu mengetahui merek router dan data login dengan melihat informasi pada stiker. Hal ini akan memudahkan proses akses akun admin agar berjalan lancar tanpa mengalami kegagalan yang berarti.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur DNS MyRepublic:

  • Hidupkan smartphone atau unit komputer kamu.
  • Pastikan perangkat terhubung ke WiFi MyRepublic.
  • Buka salah satu aplikasi browser favorit kamu.
  • Ketik nomor IP Address router pada URL browser.
  • Input data username dan password router dengan benar.
  • Tekan tombol login untuk akses akun admin router.
  • Pilih menu LAN dan tekan DCHP Server Configuration.
  • Input nomor Primary DNS dan Secondary DNS.
  • Tekan Apply untuk konfirmasi pengaturan sistem.

Perlu diingat bahwa tampilan antarmuka dan menu sistem mungkin berbeda-beda tergantung dari merek router yang digunakan. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan tahapan pengaturan sesuai dengan router yang digunakan.

Selain pada router, kamu juga bisa mengatur nomor DNS pada perangkat yang terhubung ke WiFi MyRepublic. Hal ini dikarenakan smartphone dan komputer juga mendukung perubahan pengaturan nomor DNS server.

Rekomendasi Layanan DNS

Setelah mengetahui Cara Setting DNS MyRepublic, berikutnya adalah beberapa provider DNS Publik yang tercepat, terbaik dan gratis. Kalian bisa memilih sesuai kebutuhannya.

Baca Juga :  Perbedaan Antara RTP dan RTCP : Pahami dengan Baik

1. Cloudflare

Cloudflare adalah penyedia DNS publik tercepat saat ini. Server DNS utamanya adalah 1.1.1.1 dan server sekundernya adalah 1.0.0.1.

Pada tahun 2018, Cloudflare meluncurkan layanan ini dan hingga kini masih menjadi server DNS tercepat di dunia dengan waktu respon hanya 13 milidetik.

Selain kecepatan, Cloudflare juga sangat memperhatikan keamanan dan privasi penggunanya. Mereka mengklaim bahwa tidak akan menyimpan atau mengumpulkan data pengguna, apalagi menjual data tersebut kepada pengiklan.

Ketika Kalian menggunakan layanan ini, data Kalian hanya akan dicatat selama 24 jam dan setelah itu data tersebut akan dihapus.

Klaim ini bukan hanya omong kosong, karena Cloudflare meminta KPMG untuk mengaudit layanannya setiap tahun dan merilis laporannya secara publik untuk membuktikan bahwa mereka memenuhi janji mereka terkait privasi pengguna.

2. OpenDNS

Server DNS utama dari OpenDNS adalah 208.67.222.222 dan server DNS sekundernya adalah 208.67.220.220.

OpenDNS adalah salah satu penyedia DNS terbesar di dunia dan telah berdiri sejak tahun 2005. Saat ini, OpenDNS berada di bawah naungan Cisco dan menyediakan layanan gratis dan berbayar.

Layanan gratis dari OpenDNS mencakup fitur seperti memblokir situs web phising, meningkatkan kecepatan browsing, filter untuk memblokir akses ke situs web berdasarkan kontennya (opsional), serta dukungan melalui email.

Sedangkan untuk layanan berbayar, Kalian dapat melihat riwayat aktivitas internet selama satu tahun dan memiliki opsi untuk mengunci sistem dan membatasi akses hanya pada situs web tertentu. Biaya layanan premium OpenDNS adalah $20 per tahun.

3. Google Public Domain Name System

Google sangat dominan dalam segala aspek yang terkait dengan web, termasuk Domain Name System (DNS).

Google menyediakan layanan DNS publik secara gratis, yang cukup populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Banyak orang bahkan menggunakan layanan ini untuk mengganti DNS dari penyedia layanan internet mereka.

Layanan DNS Google ini termasuk dalam kategori server DNS tercepat di dunia, meskipun tidak seaman layanan dari Cloudflare.

Namun, privasi pengguna tetap menjadi perhatian utama dari layanan DNS Google ini.

Layanan ini merekam informasi alamat IP secara lengkap dari perangkat query selama 24 hingga 48 jam untuk mendukung diagnostik dan pemecahan masalah.

Log “permanen” hanya menyimpan informasi yang tidak dapat diidentifikasi secara personal dan detail informasi mengenai lokasi hanya mencapai tingkat kota. Selain itu, informasi tersebut akan dihapus setelah 2 minggu.

Namun, perlu diingat bahwa panduan yang disediakan oleh situs dukungan Google hanya ditujukan untuk pengguna yang sudah terampil dan memiliki pengetahuan dasar tentang DNS.

4. Quad9

Server DNS utama dari Quad9 adalah 9.9.9.9 dan server DNS sekundernya adalah 149.112.112.112.

Layanan ini telah tersedia sejak tahun 2016 dan dapat digunakan secara gratis. Quad9 mengklaim bahwa layanan DNS recursive-nya dapat memblokir berbagai domain berbahaya dengan memanfaatkan “intelijen ancaman” yang mengumpulkan data dari sumber publik dan privat.

Selain itu, Quad9 sangat memperhatikan privasi penggunanya. Mereka tidak mencatat alamat IP pengguna, tetapi mencatat informasi geolokasi umum dari komputer yang melakukan permintaan.
Informasi tersebut digunakan untuk menganalisis domain berbahaya dan dibagikan dengan mitra intelijen ancaman mereka.

Quad9 juga mengklaim bahwa mereka tidak menghubungkan informasi personal pengguna dengan log mereka dan tidak akan membagikan data pengguna dengan pengiklan.

5. Next DNS

Server DNS utama dari Next DNS adalah 45.90.28.231 dan server DNS sekundernya adalah 45.90.30.231.

Meskipun masih terbilang baru karena didirikan pada tahun 2019, layanan Next DNS sangatlah berkualitas.

Salah satu fitur utama dari layanan ini adalah daftar filter konten yang cukup lengkap dan daftar blokir yang akan melindungi pengguna dari situs web berbahaya.

Secara default, layanan ini akan melindungi pengguna dari serangan umum seperti malware, phishing, crypto jacking, domain typosquatting, dan banyak lagi.

Daftar blokirnya sendiri memiliki lebih dari 60 ribu entri dan terus diperbarui secara berkala.

Untuk mendukung privasi pengguna, Next DNS akan memblokir pelacak online yang mungkin mengikuti aktivitas internet pengguna.

Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur kontrol orang tua untuk melindungi anak-anak dari situs web yang tidak sesuai untuk usia mereka.

Next DNS menawarkan layanan gratis dan berbayar. Dalam layanan gratis, pengguna dapat mengakses hingga 300 ribu kueri per bulan.

Baca Juga :  Cara Daftar Gmail Secara Lengkap Step By Step

Setelah batas kueri tersebut tercapai, pemfilteran tidak akan bekerja dan tidak ada analisis pada permintaan Domain Name System.

Namun, pengguna dapat membayar $ 1,99 per bulan untuk menghapus batas kueri. Jika membayar selama satu tahun penuh, biaya yang dikeluarkan hanya $ 19,90 atau setara dengan $ 1,66 per bulan.

Penutup

Demikianlah ulasan yang empatpilar.com mengenai cara setting DNS MyRepublic yang bisa Kalian terapkan untuk mempercepat koneksi internet Kalian.

Dalam memilih DNS tercepat dan terbaik, kami menyarankan Kalian untuk menggunakan DNS dari Google atau Cloudflare.

Selain itu, pastikan juga untuk memperbarui DNS secara berkala agar koneksi internet Kalian tetap stabil dan cepat. Terima kasih telah membaca, semoga informasi ini bermanfaat bagi Kalian. Kata Pencarian Terpopulerdns lain yang cocok dengan myrepublik,DNS mempercepat upload isp myrepublic,dns mengupload cepat ISP myrepublik,dns myrepublik upload cepat,dns sekunder isp myrepublik,dns yang kompatibel dengan isp myrepublik,perlukah dns sekunder di myrepublik,server dns myrepublik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *