Jenis-Jenis Engsel Sendok

Jenis-Jenis Engsel Sendok : Gambar dan Fungsinya

Posted on

Empat Pilar – Jenis-Jenis Engsel Sendok : Gambar dan Fungsinya. Engsel sendok, meski sering kali dianggap sebagai detail kecil, sebenarnya memiliki peran yang sangat penting dalam dunia desain furnitur. Engsel sendok bukan hanya sekadar penghubung antara dua elemen, melainkan juga memiliki berbagai jenis yang dapat memengaruhi fungsi dan estetika sebuah produk.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis engsel sendok, mengungkapkan keberagaman fitur dan kegunaannya dalam menciptakan furnitur yang fungsional dan menarik. Dari engsel pivot hingga engsel mortise, mari kita eksplorasi dunia menarik dari jenis-jenis engsel sendok yang dapat memperkaya desain ruang dan perabotan.

Engsel Sendok (Concealed Hinge) Adalah?

Engsel sendok, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Concealed Hinge, menawarkan desain yang unik dengan cekungan dan gagang yang menyerupai sendok. Meski memiliki nama yang berbeda, engsel ini telah menjadi elemen rahasia yang sering digunakan dalam dunia desain furnitur. Ukurannya yang kompak membuatnya ideal untuk pintu lemari, kabinet, atau peti kecil.

Keunggulan utama dari engsel sendok adalah kemampuannya untuk tersembunyi dengan baik di balik pintu, menciptakan tampilan bersih dan minimalis pada furnitur. Dalam penggunaannya, engsel ini memberikan keleluasaan desain, terutama pada lemari yang terbuat dari bahan seperti plywood atau cardboard. Meskipun tidak memiliki daya tahan beban yang sekuat engsel- engsel konvensional, engsel sendok tetap menjadi pilihan efektif untuk furnitur ringan.

Pasar menyediakan dua varian engsel sendok, yaitu model lurus dan model bengkok. Setiap modelnya memiliki fungsi yang berbeda, memberikan fleksibilitas tambahan dalam menciptakan desain furnitur yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi estetika. Dengan bentuk yang inovatif dan fungsionalitas yang unik, engsel sendok menjadi pilihan menarik bagi desainer furnitur yang ingin menghadirkan sentuhan modern dan elegan pada karya-karya mereka.

Jenis-Jenis Engsel Sendok

Berikut adalah Jenis-Jenis Engsel Sendok yang bisa kalian pahami dan ketahui dengan baik, sebelum memutuskan membelinya:

1. Engsel Bengkok: Keanggunan pada Pintu Dalam

Engsel bengkok, yang umumnya digunakan untuk pintu dalam, memberikan sentuhan keanggunan pada desain furnitur. Pada penggunaannya, permukaan pintu akan sejajar dengan sisi tebal dinding samping kabinet, menciptakan tampilan yang bersih dan serasi. Penting untuk memilih tipe engsel sendok dengan bukaan sudut antara 110° hingga 125° untuk memastikan pintu dapat terbuka dengan optimal. Lokasi kaki atau sepatu engsel menjadi krusial pada saat penyetelan pintu dalam, tetapi kelebihan engsel ini adalah kemampuannya untuk penyesuaian posisi jika diperlukan.

2. Engsel Lurus: Kesempurnaan pada Pintu Luar

Engsel lurus, ideal untuk pintu luar, menawarkan hasil pemasangan yang estetis. Pada akhirnya, hanya bagian pintu yang terlihat dari luar, sementara sisi tebal dinding samping tertutup oleh daun pintu. Proses pemasangannya hampir mirip dengan engsel bengkok, dengan perbedaan utama pada ukuran pintu. Jarak lubang dan titik sekrup pada pintu tetap tidak berubah, menyederhanakan proses instalasi.

3. Engsel 1/2 Bengkok: Solusi untuk Pintu Setengah Tebal

Engsel 1/2 bengkok digunakan untuk pintu yang hanya menutupi setengah ketebalan dinding kabinet, terutama ketika ada pertemuan dua pintu pada satu dinding kabinet. Hal ini menghasilkan celah di antara pintu, di depan sisi tebal dinding kabinet. Meskipun sebenarnya Anda dapat menggunakan engsel sendok lurus untuk semua jenis pintu dengan menambahkan klos kayu atau bahan lain untuk menyesuaikan posisi pintu, namun hal ini kurang direkomendasikan karena dapat mengurangi nilai estetika. Lebih baik menggunakan engsel 1/2 bengkok yang dirancang khusus untuk situasi ini, memberikan solusi yang lebih elegan dan sesuai.

Baca Juga :  Biaya Atap Baja Ringan Ukuran 6x12 Per Meter : UPDATE Terbaru

Harga Engsel Sendok Secara Umum

Pilihan engsel sendok di pasaran semakin melimpah dengan berbagai merek yang menawarkan harga dan kualitas yang bervariasi, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna. Beberapa merek high-end yang dikenal akan kualitasnya meliputi Blum, Hafele, dan Hettich. Sementara itu, bagi yang mencari solusi dengan harga menengah, Ferari menjadi salah satu pilihan yang populer. Di sisi lain spektrum, terdapat merek dengan harga lebih terjangkau seperti Huben dan Elco.

Berikut adalah kisaran harga untuk engsel sendok dari beberapa merek terkemuka:

1. Huben

  • Engsel Sendok Huben Biasa (non-slow motion): Rp. 6.000/set
  • Engsel Sendok Huben Slow Motion: Rp. 19.000/set

2. Elco

  • Engsel Sendok Elco Biasa (non-slow motion): Rp. 5.000/set
  • Engsel Sendok Elco Slow Motion: Rp. 18.000/set

3. Blum

  • Engsel Sendok Blum Biasa: Rp. 30.000/set
  • Engsel Sendok Blum Slow Motion: Rp. 65.000/set

4. Hettich

  • Engsel Sendok Hettich Biasa: Rp. 35.000/set
  • Engsel Sendok Hettich Slow Motion: Rp. 65.000/set

Perlu dicatat bahwa perbedaan harga mencerminkan kualitas dan fitur tambahan seperti slow motion pada beberapa engsel. Oleh karena itu, dalam memilih engsel sendok, pengguna dapat menyesuaikan pilihan mereka dengan anggaran dan kebutuhan desain furnitur yang diinginkan. Dengan pilihan yang beragam ini, setiap orang dapat menemukan engsel sendok yang sesuai dengan selera dan anggaran mereka.

Penutup

Tidak hanya sebagai penghubung antara gagang dan kepala sendok, engsel sendok juga memiliki peran dalam meningkatkan kenyamanan penggunaan serta memberikan nilai estetika pada peralatan dapur. Dengan mengetahui jenis-jenis engsel sendok yang ada, kita dapat membuat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Semoga informasi mengenai jenis-jenis engsel sendok ini dapat memberikan wawasan tambahan bagi para penggemar peralatan dapur dan industri perbengkelan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai opsi yang tersedia, kita dapat membuat keputusan yang cerdas dalam memilih engsel sendok yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *