Pengertian dan Fungsi Ferrite Bead

Pengertian dan Fungsi Ferrite Bead : Penjelasan Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pengertian dan Fungsi Ferrite Bead : Penjelasan Secara Lengkap. Pelajari pengertian dan fungsi Ferrite Bead, komponen elektronik yang sering dianggap remeh. Pahami peran pentingnya dalam teknologi modern dan bagaimana cara kerjanya.

Apa yang ada di benak Kalian saat mendengar kata Ferrite Bead? Jika Kalian bukan penggemar elektronik, kemungkinan besar Kalian merasa asing.

Tak apa, karena itulah kita di sini, untuk mengungkap misteri di balik komponen kecil namun penting ini.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian dan fungsi Ferrite Bead, serta bagaimana komponen ini berperan dalam teknologi kita sehari-hari.

Ferrite Bead, juga dikenal sebagai Ferrite Core atau Ferrite Choke, adalah komponen pasif yang digunakan dalam sirkuit elektronik. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi interferensi frekuensi tinggi atau ‘noise’ pada sirkuit.

A. Pengertian Ferrite Bead

Ferrite Bead merupakan salah satu komponen elektronika pasif yang berbentuk silinder dan umumnya dipasang di sekitar kabel USB, kabel pengisi baterai ponsel/laptop, kabel monitor, dan kabel printer.

Fungsi Ferrite Bead pada kabel-kabel tersebut adalah untuk mengurangi gangguan noise frekuensi tinggi dalam suatu rangkaian atau perangkat elektronik.

Noise merujuk pada sinyal-sinyal yang tidak diinginkan atau gangguan yang terjadi dalam suatu rangkaian.

Ferrite Bead terbuat dari bahan yang disebut ferrite (ferit), yang merupakan senyawa campuran yang padat dan terbuat dari bubuk besi oksida (iron oxide).

Bubuk besi oksida ini dapat dicampur dengan bubuk lain seperti nikel, seng (zinc), manganase, dan magnesium.

Proses pemanasan dan tekanan tinggi digunakan untuk mengubah bubuk besi oksida dan campurannya menjadi bahan padat berbentuk batang atau silinder, seperti yang terdapat pada Ferrite Bead. Beberapa orang juga menyebut Ferrite Bead sebagai Feritte Choke.

Ketika arus listrik mengalir melalui konduktor (kabel listrik), akan terjadi Electromotive Force (EMF) atau energi radio.

Konduktor atau kabel listrik tersebut akan mengarahkan energi radio ini ke luar dalam bentuk noise yang dapat mengganggu perangkat elektronik lain yang berdekatan.

Contoh gangguan tersebut termasuk suara radio yang berisik atau ketidakmampuan untuk menyetel saluran frekuensi yang diinginkan.

Selain menyebabkan gangguan pada perangkat lainnya, energi listrik akan terbuang dalam bentuk radiasi dan mengurangi pasokan listrik ke baterai atau perangkat yang terhubung dengan kabel tersebut, yang berakibat pada waktu pengisian baterai yang lebih lama.

Ferrite Bead memiliki kemampuan untuk menghentikan dan memblokir emisi gelombang radio yang terjadi pada kabel listrik, sehingga mengurangi pengurangan pasokan listrik saat pengisian baterai dan menghindari gangguan pada perangkat lain di sekitarnya.

Ferrite Bead yang umum kita lihat pada kabel listrik dengan ukuran yang agak besar hanyalah salah satu jenisnya.

Ada juga Ferrite Bead berukuran kecil yang dipasang di dalam rangkaian atau perangkat elektronik.

B. Apa Fungsi Ferrite Bead ?

Masih dalam pembahasan Pengertian dan Fungsi Ferrite Bead, selanjutnya fungsi ferrite bead adalah sebagai filter untuk frekuensi tinggi yang dapat mengganggu kinerja laptop atau TV. Komponen ini bertindak sebagai penghalang dalam dua arah, yaitu dari perangkat dan ke perangkat.

Jika TV tidak dilengkapi dengan ferrite bead, ketika ada frekuensi liar atau gelombang elektromagnetik (EMI) yang dekat dengan TV, gambar biasanya akan sedikit bergelombang atau goyang disertai dengan suara tret-tret atau tet-tet.

Misalnya, ketika Anda meletakkan handphone atau tablet di dekat TV lama atau CRT, lalu ada panggilan telepon atau pesan masuk, gambar TV akan bergetar dan terdengar suara seperti yang disebutkan tadi.

Hal serupa juga terjadi jika handphone diletakkan dekat dengan amplifier, maka akan terdengar suara tet-tret-tret. Itulah intinya.

Baca Juga :  Cara Mengganti IP Address Android Manual

Sebenarnya, jika kita membongkar komponen ini, di dalamnya terdapat 2 batang ferit atau yang sering kita kenal sebagai batang karbon.

Silinder ferit ini digunakan sebagai induktor untuk membentuk filter low pass pasif. Dengan demikian, komponen ini mampu menyaring kebisingan yang mengganggu.

Oleh karena itu, komponen ini sangat penting, terutama untuk menyaring kebisingan atau frekuensi yang tidak diinginkan.

C. Cara Kerja Ferrite Bead

Nah setelah memahami Pengertian dan Fungsi Ferrite Bead, berikutnya cara kerja ferrite bead didasarkan pada sifat resonansi yang dimilikinya. Frekuensi resonansi pada ferrite bead ditentukan oleh parameter geometri, bahan ferit, dan jumlah lilitan pada cincin atau silinder ferrite.

Frekuensi resonansi pada ferrite bead dapat disesuaikan dengan kebutuhan rangkaian elektronik tertentu.

Ferrite bead dapat ditempatkan pada berbagai jenis rangkaian elektronik, seperti kabel listrik, kabel data, dan PCB (printed circuit board).

Penggunaan ferrite bead dapat mencakup frekuensi rendah maupun tinggi, tergantung pada kebutuhan rangkaian elektronik.

Ferrite bead berperan dalam mengurangi gangguan elektromagnetik yang dapat merusak atau mengganggu kinerja rangkaian elektronik.

Dalam rangkaian elektronik, ferrite bead ditempatkan pada jalur arus listrik yang perlu dihambat atau difilter.

Pemilihan ferrite bead yang tepat untuk rangkaian elektronik harus dilakukan dengan cermat, dengan mempertimbangkan frekuensi dan arus listrik yang ada pada rangkaian tersebut.
Dengan memilih ferrite bead yang sesuai, kualitas sinyal dapat ditingkatkan dan gangguan elektromagnetik pada rangkaian elektronik dapat dikurangi.

D. Jenis-Jenis Ferrite Bead

Setelah memahami Pengertian dan Fungsi Ferrite Bead, selanjutnya ada beberapa jenis ferrite bead yang tersedia, dan setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda-beda yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi elektronik tertentu.

Berikut ini adalah beberapa jenis ferrite bead yang umum digunakan:

1. Ferrite bead axial

Jenis ferrite bead ini memiliki bentuk silinder panjang dan umumnya digunakan pada rangkaian elektronik dengan arus listrik rendah.

Mereka dapat digunakan sebagai filter untuk menghambat frekuensi tinggi yang tidak diinginkan.

2. Ferrite bead toroidal

Jenis ferrite bead ini memiliki bentuk cincin melingkar dan digunakan pada rangkaian elektronik dengan arus listrik tinggi.

Ferrite bead toroidal sering digunakan pada transformator daya dan induktor. Mereka memiliki karakteristik induktansi yang baik dan mampu menahan arus tinggi.

3. Ferrite bead SMD (Surface Mount Device)

Jenis ferrite bead ini dirancang khusus untuk digunakan pada PCB (Printed Circuit Board) dengan teknologi SMD.

Mereka umumnya memiliki ukuran yang kecil dan digunakan pada rangkaian elektronik yang membutuhkan komponen berukuran kompak.

4. Ferrite bead multilayer

Jenis ferrite bead ini terdiri dari beberapa lapisan bahan ferit yang dilapisi dengan lapisan logam konduktif.

Mereka digunakan pada rangkaian elektronik yang memerlukan pengendalian EMI (Elektromagnetik Interferensi) yang lebih tinggi.

Ferrite bead multilayer dapat menyaring frekuensi tinggi dengan efektivitas yang lebih baik.

5. Ferrite bead chip

Jenis ferrite bead ini juga digunakan pada PCB dengan teknologi SMD. Mereka umumnya digunakan pada rangkaian elektronik dengan arus listrik rendah dan membantu dalam mengurangi gangguan elektromagnetik yang dapat mempengaruhi kinerja rangkaian.

6. Ferrite bead bead-on-lead (BOL)

Jenis ferrite bead ini memiliki bentuk silinder dengan kaki (lead) pada kedua ujungnya.
Mereka umumnya digunakan pada rangkaian elektronik dengan arus listrik tinggi dan berperan dalam mengurangi gangguan elektromagnetik pada jalur arus.

Dengan memiliki beragam jenis ferrite bead ini, para desainer dan insinyur elektronik dapat memilih komponen yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi mereka, baik itu untuk menghambat frekuensi tinggi, mengurangi gangguan elektromagnetik, atau meningkatkan kualitas sinyal dalam rangkaian elektronik.

Penutup

Dalam kesimpulan, pengertian dan fungsi Ferrite Bead telah kita ulas secara lengkap dalam artikel ini.

Ferrite Bead adalah komponen elektronik yang berfungsi untuk meredam noise atau interferensi dalam rangkaian listrik.

Meskipun kecil dan seringkali tidak terlihat, peranannya sangat penting dalam menjaga kinerja dan kestabilan perangkat elektronik kita.

Baca Juga :  Pengertian APAB (Alat Pemadam Api Berat) : Jenis dan Cara Menggunakannya

Kami berharap dengan penjelasan ini, pembaca dapat lebih memahami dan menghargai kehadiran Ferrite Bead dalam kehidupan sehari-hari kita.

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Pengertian dan Fungsi Ferrite Bead ini, bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru bagi Kalian. Jangan ragu untuk terus eksplorasi dan belajar tentang teknologi dan komponen elektronik lainnya.

Pengetahuan adalah kunci untuk memahami dan memanfaatkan dunia teknologi yang terus berkembang ini. Kata Pencarian TerpopulerFungsi Ferrite Bead

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *