Pengertian Curtain Wall

Pengertian Curtain Wall : Fungsi dan Kelebihannya Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Curtain Wall : Fungsi dan Kelebihannya Lengkap. Dalam dunia arsitektur dan konstruksi, istilah “Curtain Wall” menjadi semakin populer sebagai elemen utama dalam desain fasad bangunan modern. Menyajikan tampilan luar yang elegan dan fungsional, curtain wall menjadi sorotan utama dalam menciptakan bangunan yang estetis dan efisien. Artikel ini akan membahas pengertian curtain wall, komponennya, dan peran pentingnya dalam mengubah wajah arsitektur modern. Mari kita telaah lebih jauh tentang konsep dan keunggulan dari sistem fasad inovatif ini.

Pengertian Curtain Wall

Ketika berbicara tentang konstruksi bangunan, kita akan menemukan dua jenis bagian utama. Pertama adalah konstruksi struktur bangunan, dan yang kedua adalah konstruksi non-struktur bangunan. Salah satu elemen yang termasuk dalam kategori konstruksi non-struktur adalah curtain wall atau dinding tirai.

Curtain wall adalah jenis dinding non-struktur yang dirancang untuk melindungi bangunan dari angin, hujan deras, cuaca, atau gangguan sejenis. Umumnya, jenis dinding ini sering diaplikasikan pada bangunan bertingkat. Karena bukan bagian dari struktur bangunan utama, bahan yang umumnya digunakan adalah bahan ringan, seperti kaca.

Dengan adanya dinding tirai, dampak angin, air hujan deras, atau gangguan cuaca lainnya dapat diredam sebelum mencapai struktur utama bangunan. Goncangan dari angin atau gangguan cuaca lainnya dapat merusak bangunan secara perlahan jika tidak dihalangi oleh dinding ini.

Pada saat pemasangan, dinding tirai ini biasanya terpasang pada bingkai atau frame yang umumnya terbuat dari aluminium. Selain mampu menahan beban material kaca, aluminium juga tahan terhadap berbagai jenis cuaca dan tidak rentan terhadap karat ketika terpapar hujan dan panas.

Selain bahan kaca, dinding tirai juga dapat menggunakan bahan seperti panel logam, stone veneer, atau kisi-kisi. Pilihan bahan-bahan tersebut umumnya didasarkan pada kemampuannya untuk menghalangi sinar matahari dan panas yang dianggap mengganggu pada bagian bangunan tertentu.

Fungsi Curtain Wall

Setelah mengetahui Pengertian Curtain Wall, nah selanjutnya Curtain wall memiliki peran yang penting dalam mendukung performa bangunan, karena dapat berfungsi sebagai pelindung utama yang memberikan perlindungan maksimal kepada bangunan. Fungsi-fungsi ini menjadikan penggunaan curtain wall sangat penting untuk memaksimalkan kinerja dan keberlanjutan suatu struktur.

1. Pelindung Utama yang Maksimal

Curtain wall berperan sebagai pelindung utama yang mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap bangunan dari paparan elemen-elemen eksternal seperti angin kencang, hujan deras, dan cuaca ekstrem lainnya. Keberadaannya membantu menjaga integritas struktural dan estetika bangunan.

2. Batasan Udara pada Area Interior dan Eksterior

Selain berfungsi sebagai pelindung, curtain wall juga berperan sebagai pembatas udara antara area interior dan eksterior bangunan. Hal ini membantu mengatur kondisi udara di dalam dan di luar bangunan, menciptakan lingkungan yang nyaman dan terkendali.

3. Pencahayaan Alami

Curtain wall dirancang untuk memungkinkan pencahayaan alami masuk ke dalam ruang interior bangunan. Fungsi ini memberikan manfaat ekonomis dan ekologis dengan mengurangi ketergantungan pada pencahayaan buatan, menciptakan lingkungan yang terang, alami, dan mendukung kesejahteraan penghuninya.

4. Mengurangi Risiko Kebocoran pada Celah-celah Bangunan

Fungsi teknis curtain wall melibatkan peran sebagai penghalang efektif terhadap risiko kebocoran air atau elemen lainnya melalui celah-celah bangunan. Keakuratan instalasi dan pemilihan bahan yang tepat pada curtain wall dapat mengurangi risiko infiltrasi air dan menjaga keawetan bangunan.

Baca Juga :  Mengenal Pondasi Cakar Ayam : Manfaat dan Keunggulannya

Jenis Curtain Wall

Jenis curtain wall memiliki variasi tergantung pada bentuk framenya. Beberapa jenis yang umum digunakan termasuk stick system, unitized system, dan ladder system.

1. Stick System

Stick system adalah metode instalasi yang menggunakan balok-balok panjang sebagai rangka atau frame dari curtain wall. Material yang sering digunakan untuk bingkai atau frame ini adalah aluminium atau logam lainnya. Bingkai tersebut kemudian ditempatkan pada struktur bangunan, seperti kolom, balok, atau lantai. Bingkai ini diproduksi di pabrik dan memerlukan finishing setelah pemasangan. Setelah itu, bagian dinding tirai dipasang.

2. Unitized System

Unitized system menawarkan kemudahan karena bagian dinding tirai sudah menyatu dengan bingkai penahannya. Pekerja konstruksi hanya perlu memasangnya sesuai dengan modul yang telah disiapkan.

3. Ladder System

Ladder system memiliki bingkai atau frame yang disusun seperti tangga. Setiap bingkai dapat disambungkan satu dengan yang lain. Jika tertarik untuk memasang jenis ini, perlu dilakukan pemesanan kepada pabrik yang spesialis dalam pembuatan produk ini.

Setiap jenis curtain wall memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan jenis tertentu dapat bergantung pada kebutuhan desain, biaya, dan kompleksitas instalasi. Dengan memahami perbedaan antara stick system, unitized system, dan ladder system, pemilik bangunan atau pengembang dapat membuat keputusan yang informasional dan sesuai dengan proyek konstruksi mereka.

Kelebihan Penggunaan Curtain Wall

Sudah mengetahui Pengertian Curtain Wall kan? nah Penggunaan curtain wall pada bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan, terutama dari segi pembiayaan, pengaturan efek, dan kekuatan bahan.

1. Pembiayaan

Dari segi pembiayaan, penggunaan curtain wall memberikan keuntungan karena cenderung lebih hemat anggaran. Material yang digunakan, terutama dalam jenis sistem stick atau unitized, sering kali lebih ekonomis dibandingkan dengan metode konstruksi dinding konvensional. Ini dapat membantu mengurangi biaya keseluruhan proyek konstruksi.

2. Pengaturan Efek

Dalam aspek pengaturan efek, curtain wall juga memberikan keuntungan signifikan. Penggunaan curtain wall, terutama dengan desain yang memanfaatkan kaca transparan, dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dan memberikan tampilan estetis yang modern. Pencahayaan alami yang masuk melalui dinding kaca juga dapat menciptakan atmosfer yang terang dan menyenangkan di dalam ruangan.

3. Kekuatan Bahan

Namun, kelebihan dan kekurangan material curtain wall juga terkait dengan kekuatan bahan yang digunakan. Curtain wall kaca memiliki kekurangan karena rentan pecah dan dapat membuat interior terasa panas akibat paparan sinar matahari langsung. Di sisi lain, beberapa jenis curtain wall menggunakan bahan yang lebih tahan lama dan kuat, seperti logam atau material komposit. Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa kekuatan bahan ini juga bergantung pada jenis dan kualitas material yang digunakan.

Penutup

Dalam kesimpulan, dapat disimpulkan bahwa curtain wall merupakan sistem dinding luar bangunan yang dirancang untuk memberikan keindahan estetika sekaligus menjaga keamanan struktural. Penggunaan material transparan pada curtain wall memungkinkan pencahayaan alami masuk ke dalam ruang, menciptakan lingkungan yang terang dan nyaman. Selain itu, kemampuan curtain wall dalam menahan angin, air hujan, dan suhu ekstrem menjadikannya pilihan yang sangat efisien untuk bangunan modern.

Itu saja uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com berikan mengenai Pengertian Curtain Wall. Semoga bisa bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *