Macam-Macam Ukuran Tandon Air

Macam-Macam Ukuran Tandon Air dan Harganya

Posted on

Empat Pilar – Macam-Macam Ukuran Tandon Air dan Harganya. Tandon air menjadi salah satu elemen penting dalam penyediaan pasokan air bersih di rumah atau bangunan. Sebagai wadah penyimpanan air, tandon hadir dalam berbagai macam ukuran untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang Macam-Macam Ukuran Tandon Air yang tersedia di pasaran.

Dari yang kecil hingga yang besar, pemilihan ukuran tandon air dapat sangat mempengaruhi efisiensi penggunaan air dan juga ruang penyimpanan. Mari kita telaah lebih lanjut mengenai beragam dimensi tandon air dan pertimbangan penting dalam memilih ukuran yang sesuai untuk kebutuhan rumah tangga atau bisnis kalian.

Tandon Air Adalah?

Tandon air adalah suatu perangkat yang dirancang khusus untuk menampung dan menyimpan air bersih. Perangkat ini juga dikenal dengan sebutan toren air. Tersedia dalam berbagai variasi ukuran, desain, dan jenis, tandon air menjadi solusi yang sangat fleksibel untuk memenuhi kebutuhan air di berbagai konteks, seperti rumah tangga, komersial, dan industri.

Pada tingkat rumah tangga, tandon air berperan sebagai reservoir utama yang memungkinkan akses mudah dan distribusi air ke seluruh bagian rumah. Fungsinya yang vital membuat tandon air menjadi unsur penting dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, mandi, mencuci, dan keperluan domestik lainnya.

Tidak hanya itu, tandon air juga tersedia dalam variasi bahan pembuatan, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Jenis-jenis tandon air meliputi tandon berbahan plastik, fiberglass, dan stainless steel. Tandon berbahan plastik umumnya ringan dan ekonomis, sementara tandon fiberglass menawarkan kekuatan dan ketahanan tambahan. Di sisi lain, tandon air stainless steel dikenal karena kekuatan strukturalnya dan ketahanan terhadap korosi.

Dengan beragam pilihan ini, tandon air menjadi solusi yang dapat diandalkan untuk menjawab kebutuhan penyimpanan air bersih dengan efisien dan efektif, menciptakan dampak positif dalam memastikan ketersediaan air yang memadai untuk berbagai keperluan.

Apa Fungsi Tandon Air?

Secara umum, tandon air memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai berikut ini :

1. Menjadi Tempat Penyimpanan Cadangan Air

Fungsi utama dari penggunaan tandon air adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan air. Ini berguna untuk mengatasi ketidaknyamanan jika pasokan air dari PAM (Perusahaan Air Minum) atau PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) tiba-tiba terhenti.

Terkadang, PAM atau PDAM mengalami masalah seperti kebocoran saluran air, sehingga pasokan air di suatu area harus dimatikan untuk sementara waktu. Selain itu, ada jam-jam tertentu di mana pasokan air terbatas. Dengan adanya tandon air, kalian memiliki cadangan air yang cukup untuk digunakan selama beberapa waktu hingga pasokan normal kembali. Dengan ini, kalian tetap dapat menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa kendala.

2. Menghemat Penggunaan Listrik untuk Pompa

Biaya tagihan listrik yang tinggi sering kali disebabkan oleh penggunaan berlebihan pompa listrik, terutama dalam pengisian tangki air. Banyak rumah yang terbiasa menyalakan pompa listrik setiap kali menggunakan air, yang dapat menyebabkan pemborosan energi dan meningkatkan biaya bulanan.

Dengan menggunakan tandon air, kalian dapat mengatasi masalah ini dengan efektif. Kalian hanya perlu menyalakan pompa untuk mengisi tandon satu atau dua kali sehari sehingga tangki terisi penuh. Selanjutnya, air dari tandon dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, mengurangi frekuensi penggunaan pompa listrik dan pada akhirnya menghemat biaya listrik kalian.

3. Mendistribusi Air Secara Merata

Masalah distribusi air yang tidak merata, terutama di rumah dengan dua tingkat, seringkali menjadi tantangan. Air yang keluar di lantai atas biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan lantai bawah. Untuk mengatasi masalah ini, pemasangan tandon air di atap rumah menjadi solusi yang efektif.

Dengan menempatkan tandon air di atap, air dapat didistribusikan secara merata ke seluruh rumah, termasuk ke lantai atas. Ini memastikan bahwa setiap lantai mendapatkan pasokan air yang cukup dan merata, menciptakan kenyamanan dan efisiensi penggunaan air di seluruh rumah.

Macam-Macam Ukuran Tandon Air

Ada banyak pilihan ukuran tandon air untuk rumah tangga ataupun keperluan lain. lalu, berapa yang paling tepat dipilih sesuai kebutuhan? kami akan menjawab keraguan kalian dan memberikan pembahasan Macam-Macam Ukuran Tandon Air di bawah ini :

1. 250 Liter

Tandon air berukuran 250 liter menjadi yang terkecil dalam pembahasan ini. Ukuran ini paling kecil di antara variasi umum dan juga paling terjangkau dari segi harga. Meskipun ukurannya kecil, tandon ini dapat digunakan untuk semua jenis cairan dan umumnya cocok untuk tandon air rumah.

Baca Juga :  Apa Itu Tandon Air? Pengertian dan Manfaatnya Lengkap

2. 300 Liter

Ukuran tandon air 300 liter masih populer di kalangan pemilik rumah dan dianggap sebagai ukuran yang ideal bahkan untuk satu keluarga. Banyak produsen menyediakan ukuran ini, sehingga mudah untuk ditemukan. Tandon air berukuran 300 liter juga tersedia di qhomemart.com.

3. 375 Liter

Sebagai alternatif untuk ukuran sekitar 300 liter, kalian dapat mempertimbangkan ukuran tandon air 375 liter. Jika kalian memiliki keluarga dan seringkali ada tamu yang menginap, ukuran ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Penting untuk memperkirakan berapa liter air yang digunakan setiap orang dalam satu kali mandi, dan perhitungan ini dapat dimulai dari pemakaian pribadi kalian.

4. 500 liter

Tangki air dengan kapasitas 500 liter, atau sering disebut tandon air, merupakan pilihan yang lebih besar dan dapat menampung lebih banyak air dibandingkan dengan ukuran sebelumnya. Kapasitas ini dapat dianggap sebagai pilihan ideal, terutama untuk rumah tangga atau bangunan publik yang memiliki fasilitas seperti kamar mandi/toilet atau kebutuhan air lainnya.

Ukuran 500 liter sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Baik untuk digunakan di rumah tangga maupun di bangunan umum, tandon air ini memberikan fleksibilitas dalam menyediakan pasokan air yang cukup. Selain itu, kapasitasnya yang cukup besar memastikan bahwa kebutuhan air dapat terpenuhi tanpa perlu sering-sering mengisi ulang.

5. 550 liter

Dengan hanya selisih 50 liter dari ukuran sebelumnya, yaitu 500 liter, tandon air berukuran 550 liter tetap menjadi pilihan yang praktis. Meskipun tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam kapasitas, ukuran ini dapat dianggap sebagai alternatif yang efisien.

Dari segi harga, perbedaan antara tandon air berkapasitas 550 liter dan 500 liter mungkin tidak terlalu signifikan. Oleh karena itu, pemilihan antara keduanya dapat didasarkan pada kebutuhan spesifik pengguna dan sejauh mana kebutuhan air harus terpenuhi.

6. 700 liter

Ukuran tandon air 700 liter merupakan opsi yang cocok untuk rumah dengan kebutuhan air yang lebih besar. Jika setiap orang dalam rumah menggunakan sekitar 50 liter per hari, dan rumah tersebut dihuni oleh lima orang, maka kapasitas 700 liter akan memberikan cadangan air yang cukup.

Tandon air berkapasitas 700 liter cocok untuk rumah tangga yang memiliki kebutuhan air yang lebih tinggi atau untuk penggunaan di bangunan publik yang memiliki skala yang lebih besar. Meskipun mungkin memiliki dimensi yang sedikit lebih besar, manfaat tambahan dalam kapasitas air yang lebih besar dapat menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan ukuran ini.

7. 800 liter

Ukuran 800 liter menawarkan kapasitas yang lebih besar, tidak hanya cocok untuk penggunaan di rumah, tetapi juga dapat diterapkan dalam proses produksi di industri rumahan. Tandon air berkapasitas 800 liter dapat memberikan solusi penyimpanan yang handal untuk kebutuhan air yang signifikan, terutama dalam skala bisnis kecil hingga menengah.

Pemilihan tandon air juga perlu mempertimbangkan jenis bahan yang digunakan, seperti bahan silinder polos berjenis PE (Polyethylene). Bahan ini sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis cairan. Keunggulan dari bahan ini adalah kekuatan dan ketahanannya terhadap berbagai kondisi lingkungan.

Dengan kapasitas yang besar, tandon berukuran 800 liter memberikan peluang untuk digunakan dalam berbagai bisnis yang memerlukan penyimpanan air yang besar. Ini termasuk cocok untuk keperluan produksi, pertanian, atau kebutuhan industri lainnya.

8. 1000 liter

Tandon air berkapasitas 1000 liter sangat ideal untuk tingkat pemakaian yang medium hingga tinggi. Kapasitasnya yang besar memungkinkan penyimpanan air yang mencukupi untuk beragam kebutuhan, termasuk penggunaan di rumah tangga, pertanian, atau bahkan industri kecil.

Selain itu, jika kalian mencari opsi yang terjangkau, toren air penguin 1000 liter tersedia di qhomemart.com dengan harga yang bersaing. Harga yang lebih terjangkau dapat menjadi pertimbangan penting bagi konsumen yang mencari solusi penyimpanan air berkualitas tanpa menguras anggaran.

9. 1100 liter

Ukuran tandon air 1100 liter, meskipun hanya berbeda 100 liter dari ukuran sebelumnya, dapat menjadi alternatif yang baik jika kalian mencari kapasitas dalam rentang 1000an liter. Dengan tambahan kapasitas ini, tandon air 1100 liter memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan air yang beragam, baik untuk penggunaan rumah tangga maupun keperluan industri kecil.

10. 1200 liter

Tandon air berkapasitas 1200 liter merupakan pilihan yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan air yang lebih besar. Dengan kapasitas yang signifikan, ukuran ini mampu menampung air dengan lebih baik, menjadikannya solusi ideal untuk rumah tangga atau bahkan keperluan bisnis. Salah satu merk terkemuka yang dapat kalian temukan di qhomemart.com adalah tandon air Penguin, yang menyediakan pilihan berkualitas untuk kebutuhan penyimpanan air kalian. Pastikan untuk segera mendapatkannya di qhomemart.com selama persediaan masih tersedia.

Baca Juga :  Apa Itu Plitur Kayu? Pengertian dan Perbedaannya dengan Pernis

11. 1500 liter

Ukuran 1500 liter menawarkan kapasitas yang sangat besar, bahkan ada yang memilih menggunakan dua buah sekaligus untuk memenuhi kebutuhan yang lebih baik. Meskipun harganya mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan tipe sebelumnya, namun sebanding dengan kebutuhan penyimpanan air yang besar. Untuk memudahkan instalasi dan pemeliharaan, kalian dapat menggunakan jasa profesional pemasangan dan servis tandon air. Hal ini dapat memastikan penggunaan yang efisien dan optimal dari tandon air berkapasitas besar ini.

12. 2000 liter

Ukuran 2000 liter termasuk dalam kategori besar dan sangat cocok untuk kebutuhan air yang besar pula. Seiring dengan ukurannya yang besar, penting untuk mempertimbangkan pemilihan tandon air berkualitas tinggi dengan bahan yang baik atau lapisan perlindungan di dalamnya. Ini dapat menjadi langkah preventif untuk menghindari masalah serius akibat kebocoran, terutama yang disebabkan oleh korosi. Pilihlah tandon air yang telah dilapisi untuk mencegah kerusakan dan memastikan ketahanan jangka panjang.

13. 5000 liter

Ukuran 5000 liter merupakan tandon air terbesar yang dibahas, cocok untuk kebutuhan penyimpanan air yang berskala besar, seperti pada keseluruhan bangunan besar seperti perkantoran, hotel, apartemen, dan bangunan serupa. Untuk kebutuhan yang lebih besar lagi, terdapat juga ukuran 11000 liter yang dapat menunjang tampungan air dengan kapasitas yang lebih besar. Pemilihan tandon air dengan kapasitas ini sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan skala penggunaan dan kebutuhan spesifik dari bangunan atau proyek tertentu.

Penutup

Semakin banyaknya variasi ukuran tandon air mempermudah pemilik rumah untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan air harian mereka. Selain itu, pemahaman akan kapasitas tandon air juga dapat membantu mengoptimalkan penggunaan air tanah dan menciptakan solusi berkelanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam.

Dengan demikian, pemilihan ukuran tandon air yang sesuai tidak hanya memberikan kepraktisan dalam penggunaan air sehari-hari, tetapi juga mendukung upaya pelestarian lingkungan. Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Macam-Macam Ukuran Tandon Air ini, memberikan wawasan yang bermanfaat untuk memudahkan pembaca dalam menentukan pilihan tandon air yang tepat untuk kebutuhan rumah mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *