Cara Membuat Dinding Unfinished

Cara Membuat Dinding Unfinished : Panduan Mudah Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Membuat Dinding Unfinished : Panduan Mudah Lengkap. Dinding yang belum selesai telah menjadi sangat populer dalam desain interior karena daya tariknya yang kasar, alami, dan mengundang. Mereka menambah karakter dan kehangatan pada setiap ruang, membuatnya terasa lebih nyaman dan ramah.

Dalam panduan ini, kami akan mencakup setiap aspek dalam membuat dinding yang belum selesai, mulai dari bahan yang kalian butuhkan hingga proses langkah demi langkah. Jadi, gulung lengan baju kalian, kumpulkan perlengkapan kalian, dan mari kita mulai perjalanan seru ini untuk membuat Cara Membuat Dinding Unfinished.

Apa itu Dinding Unfinished?

Pernahkah kalian mengunjungi tempat komersil atau rumah yang memiliki dinding yang terlihat belum selesai? Dinding tersebut nampak seperti hanya dilapisi semen atau bahkan beton tanpa cat atau sentuhan penyelesaian lainnya. Jenis dinding seperti ini disebut sebagai “unfinished” atau belum selesai.

Sebenarnya, istilah “unfinished” hanya merupakan deskripsi, bukan berarti dinding tersebut benar-benar belum selesai. Jika kita melihat lebih detail, dinding semacam ini biasanya sudah mendapat perawatan akhir untuk memastikan daya tahannya dan kemudahan dalam perawatan. Dinding “unfinished” ini umumnya digunakan untuk menciptakan gaya interior yang dikenal sebagai gaya industri, yang menonjolkan elemen-elemen struktural bangunan.

Sementara gaya interior kebanyakan menyembunyikan elemen-elemen struktural bangunan, gaya industri justru mengekspos kerangka bangunan, saluran ventilasi, tiang penyangga, dan bahkan dinding yang sengaja dibiarkan terlihat belum selesai.

Cara Membuat Dinding Unfinished

Dinding yang tidak selesai atau “unfinished” merupakan salah satu elemen penting dalam konsep industrial dalam desain bangunan. Kehadiran dinding seperti ini memberikan sentuhan khas yang mengingatkan kita pada estetika pabrik-pabrik dan gedung industri yang memiliki daya tarik tersendiri. Dalam konteks desain interior dan eksterior, dinding unfinished menjadi elemen yang tidak bisa dilewatkan jika kalian ingin menciptakan suasana industrial yang autentik.

Untuk Cara Membuat Dinding Unfinished, kalian sebaiknya memahami beberapa langkah dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menciptakan dinding ini:

A. Alat dan Bahan Membuat Dinding Unfinished

  • Semen: Semen akan menjadi bahan dasar untuk menciptakan tekstur kasar pada dinding unfinished.
  • Semen Instan: Semen instan dapat membantu dalam mengatur waktu pengeringan dan konsistensi campuran semen.
  • Pasir: Pasir akan memberikan tekstur yang kasar dan khas pada dinding.
  • Air: Air digunakan untuk mencampurkan semen dan pasir hingga mencapai konsistensi yang sesuai.
  • Roskam: Roskam berguna untuk mengaplikasikan campuran semen dan pasir ke dinding dengan cara yang khusus.
  • Jidar: Jidar atau rangkaian pipa yang digunakan sebagai panduan untuk membuat tekstur pada dinding.
  • Cetok: Cetok atau alat pemadat digunakan untuk meratakan dan merapikan campuran semen pada dinding.

B. Langkah Cara Membuat Dinding Unfinished

  1. Persiapkan Dinding Batu Bata Baru
    Pastikan kalian memiliki sebuah dinding batu bata yang baru selesai dibangun. Langkah pertama adalah mengaplikasikan adukan plester pada permukaan dinding tersebut.
  2. Siapkan Bahan Baku untuk Adukan Plester
    Untuk membuat adukan plesteran, kalian perlu menyiapkan bahan baku berupa semen dan pasir. Pastikan pasir yang digunakan telah diayak terlebih dahulu untuk membersihkan kerikil yang mungkin terkandung di dalamnya.
  3. Campurkan Semen dan Pasir
    Buat adukan plesteran dengan mencampurkan semen dan pasir menggunakan perbandingan 1:3 atau 1:4, tergantung pada kualitas semen yang digunakan. Pastikan kalian mengaduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  4. Aplikasikan Adukan Plesteran
    Aplikasikan adukan plesteran yang telah dibuat tadi pada permukaan dinding. Pastikan ketebalan lapisannya sekitar 1-2 cm dan hasilnya menghasilkan permukaan yang rata. Jangan terlalu tebal karena hal ini akan memboroskan material.
  5. Biarkan Setengah Kering
    Setelah dinding plesteran selesai dibuat, biarkan kondisinya setengah kering. Setelah itu, kalian dapat melapisinya dengan acian. Jika permukaan dinding plesteran terlalu kering, sebaiknya dibasahi terlebih dahulu dengan menggunakan air.
  6. Gunakan Semen Instan untuk Acian
    Kami menyarankan penggunaan semen instan untuk bahan acian karena hasilnya akan lebih baik. Proses pengeringannya lebih sempurna, pengerjaannya lebih mudah, lebih kuat, tahan lama, dan warnanya lebih hidup. Bacalah petunjuk pemakaian produk semen instan yang kalian pilih terlebih dahulu.
  7. Campur Air dan Semen Instan
    Tuangkan air secukupnya ke dalam bak adukan, lalu tambahkan semen instan kering hingga merata. Pastikan mengikuti petunjuk pemakaian yang benar.
  8. Aplikasikan Acian Secara Manual
    Lakukan proses pengacian secara manual dengan menggunakan roskam. Ratakan lapisan acian tersebut dengan jidar panjang. Ketebalan lapisan acian yang direkomendasikan berkisar antara 1,5-3 mm.
  9. Tunggu Hingga Kering
    Sekarang dinding unfinished kalian sudah selesai dikerjakan. Tunggu selama 3-5 hari hingga kondisinya benar-benar kering.
  10. Berkreasi dengan Aksesori Penghias
    Setelah dinding kering, kalian dapat berkreasi dengan aksesori penghias untuk memperkuat kesan industrial yang ingin ditampilkan pada dinding unfinished kalian.

Tips Membuat Dinding Unfinished

Setelah memahami Cara Membuat Dinding Unfinished, selanjutnya membuat dinding unfinished yang tampak natural dan sesungguhnya memerlukan beberapa trik dan teknik tertentu. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian ikuti:

Baca Juga :  Pengertian Beton Precast dan Fungsinya Secara Lengkap

1. Pilih Cat yang Tepat

Pastikan kalian memilih jenis cat yang sesuai untuk menciptakan tampilan dinding unfinished. Cat dengan tekstur lebih kasar seperti cat tembok biasanya lebih cocok untuk mencapai hasil yang diinginkan.

2. Persiapan Permukaan

Sebelum mulai melukis, pastikan bahwa permukaan dinding telah dipersiapkan dengan baik. Ini termasuk membersihkan dinding dari debu dan kotoran serta memperbaiki segala kerusakan seperti retak atau lubang dengan menggunakan plester tembok.

3. Shower Puff untuk Tekstur

Salah satu trik utama dalam menciptakan tampilan dinding unfinished adalah menggunakan shower puff. Kalian bisa menggunakan shower puff seperti yang biasanya digunakan untuk mandi, namun pastikan bahwa puff tersebut bersih dan belum terpakai sebelumnya. Gunakan puff ini untuk mengusapkan cat ke permukaan dinding. Tekstur shower puff akan memberikan efek bertekstur yang alami pada dinding kalian.

4. Teknik Layering

Untuk mencapai tampilan yang lebih mendalam dan kompleks, gunakan teknik layering. Pertama, aplikasikan satu warna cat pada dinding dengan roller atau kuas. Kemudian, biarkan cat tersebut mengering sepenuhnya. Setelah itu, buat lapisan kedua dengan warna cat yang berbeda. Gunakan shower puff untuk mengaplikasikan cat ini dengan gerakan lembut, memberikan efek tekstur yang unik. Kalian bisa melanjutkan dengan lapisan ketiga atau lebih, tergantung pada seberapa kompleks kalian ingin hasil akhirnya.

5. Eksperimen dengan Warna

Pilih warna cat yang sesuai dengan gaya dan estetika ruangan kalian. Kalian dapat menggabungkan warna yang berbeda untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik. Pastikan kalian menguji warna-warna tersebut terlebih dahulu pada sampel kecil dinding atau kertas cat sebelum mengaplikasikannya pada seluruh dinding.

6. Kontrol Tekanan

Saat mengaplikasikan cat menggunakan shower puff, kendalikan tekanan yang kalian gunakan. Tekanan yang berbeda akan menghasilkan efek tekstur yang berbeda. Eksperimen dengan tekanan ringan dan berat untuk mencapai tampilan yang sesuai dengan preferensi kalian.

7. Sentuhan Akhir

Setelah cat kering sepenuhnya, pertimbangkan untuk memberikan lapisan pelindung seperti sealer atau vernis untuk melindungi dan mempertahankan tampilan dinding kalian.

Penutup

Dalam rangka menciptakan tampilan dinding yang unik dan memikat, tidak ada cara yang lebih baik daripada memahami cara membuat dinding yang belum selesai. Dinding yang belum selesai memberikan kesan kasar dan alami yang bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam desain interior. Di sini, empatpilar.com telah membahas beberapa langkah penting yang dapat kalian ikuti untuk Cara Membuat Dinding Unfinished.

Baca Juga :  Ukuran Begel Tiang Untuk Rumah : 1 dan 2 Lantai Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *