Fungsi Tombol Remot TV Polytron

Fungsi Tombol Remot TV Polytron : Pahami dengan Baik

Posted on

Empat Pilar – Fungsi Tombol Remot TV Polytron : Pahami dengan Baik. Jangan lewatkan artikel ini untuk mengetahui secara lengkap dan detail tentang fungsi tombol remot TV Polytron yang akan membantu Kalian mengoptimalkan pengalaman menonton TV Kalian.

Dalam artikel ini, kami akan membahas setiap tombol dan fungsinya secara terperinci, memberikan tips dan trik penggunaan yang berguna, serta menjawab beberapa pertanyaan umum terkait dengan penggunaan tombol remot TV Polytron. Mari kita mulai dengan mempelajari fungsi tombol remot TV Polytron!

Mengenal Remote TV Polytron

Polytron merupakan perusahaan elektronik yang didirikan pada tahun 1975 di Kudus, Jawa Tengah, dan dimiliki oleh Hartono bersaudara.

Perusahaan ini menghasilkan berbagai produk elektronik seperti smartphone, TV, AC, mesin cuci, kulkas, speaker, dan lain-lain.

Salah satu produk yang sangat populer dari Polytron adalah televisi. Televisi ini terkenal karena kualitasnya yang baik dan harganya yang terjangkau bagi semua kalangan, terutama kalangan menengah ke bawah.

Meskipun merupakan produk lokal, teknologi yang digunakan oleh Polytron tidak jauh berbeda dengan produk luar negeri, termasuk teknologi yang digunakan pada remote TV-nya.

Remote TV Polytron dijual secara bersamaan dengan pembelian TV. Saat ini, semua remote TV Polytron berbentuk remote dengan tombol.

Belum ada yang menggunakan sistem touchpad seperti kebanyakan merek TV lainnya. Namun, remote ini sudah cukup untuk mengontrol TV Polytron Kalian.

Cara kerja remote TV adalah dengan menggunakan infra merah. Sinyal infra merah ini tidak terlihat oleh mata manusia, tetapi dapat ditangkap oleh penerima.

Karena merupakan gelombang elektromagnetik pada spektrum cahaya yang tidak terlihat, maka diperlukan penerima yang dapat menerima sinyal tersebut.

Oleh karena itu, pada TV Polytron terdapat penerima infra merah yang dapat menangkap gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh remote. Remote infra merah ini dapat mengirimkan sinyal dengan jarak maksimal 10 meter.

Kegunaan Remote TV Polytron

Remote TV Polytron memiliki banyak fungsi yang tidak terbatas hanya pada mengubah saluran televisi. Beberapa fungsi lain dari remote TV Polytron akan dijelaskan dalam pembahasan berikut ini.

Pertama, remote TV dapat digunakan untuk menghidupkan televisi. Cukup dengan menekan tombol atas yang biasanya berwarna merah, Kalian dapat menghidupkan televisi dari jarak jauh.

Selain itu, remote TV juga dapat digunakan untuk mengatur volume suara televisi, baik meningkatkan maupun menurunkan suara.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan remote TV Polytron, Kalian juga dapat memprogram dan mengubah program televisi sesuai dengan keinginan Kalian. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman menonton televisi Kalian menjadi lebih optimal.

Jika Kalian ingin mencari saluran yang belum ada, remote TV Polytron juga dapat membantu Kalian dalam pencariannya.

Pengaturan warna pada televisi juga dapat dilakukan dengan menggunakan remote TV Polytron. Bahkan, remote TV ini dapat digunakan untuk mematikan atau menjadwalkan televisi untuk tidur secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah Kalian atur sebelumnya.

Oleh karena itu, memiliki remote TV Polytron menjadi sangat penting, terutama jika televisi Kalian adalah merek Polytron.

Fungsi Tombol Remot TV Polytron

Berikut adalah beberapa Fungsi Tombol Remot TV Polytron dan juga remote TV merek lainnya:

1. Tombol Aktivasi

Tombol aktivasi biasanya berada di sisi atas kiri atau kanan pada remote TV dengan warna merah. Tombol tersebut bertujuan untuk mengaktifkan atau mematikan televisi.

Di lingkungan elektronik, tombol ini juga dikenal sebagai tombol standby karena fungsinya adalah memasukkan TV ke mode siaga, bukan benar-benar mematikan seperti saat menekan tombol off langsung pada televisi.

2. Tombol Navigasi Atas Bawah

Tombol navigasi atas bawah berlokasi di bagian tengah remote TV, dan umumnya berbentuk bulat bersama dengan tombol volume.

Peran utamanya adalah untuk merubah saluran siaran televisi. Selain itu, tombol navigasi atas bawah juga dapat berguna saat kita melakukan pengaturan TV, yaitu untuk memindahkan pilihan opsi menu pada layar televisi.

Baca Juga :  4 Kelebihan Dan Kekurangan TV Polytron : Spesifikasi Terbarunya

3. Tombol Volume + dan –

Tombol volume + dan – pada remote TV berfungsi untuk mengatur level volume atau derajat keras dan lembut suara yang dipancarkan dari televisi atau speaker yang terhubung.

Lebih lanjut, tombol ini juga dapat digunakan untuk memindahkan menu dalam opsi pengaturan. Sehingga, kita bisa menyesuaikan berbagai jenis menu pengaturan yang tersedia pada televisi dengan mudah.

4. Tombol EZ

Tombol EZ di remote TV Polytron digunakan untuk mengaktifkan fitur Teknologi Soundwave. Fitur ini hanya ada di smart TV Polytron, sementara TV model lama belum mengintegrasikannya.

Teknologi Soundwave adalah fitur unggulan dari Polytron Cinemax Wave yang memampukan pengguna untuk menikmati audio dari Cinemax Wave melalui perangkat penerima lain seperti headphone bluetooth atau speaker bluetooth.

5. Tombol Angka

Tombol angka pada remote TV terdiri dari angka 0 hingga 9. Fungsinya adalah untuk memilih channel atau saluran TV dengan cepat dan akurat.

Dibandingkan dengan penggunaan tombol navigasi atas bawah, penggunaan tombol angka tentu lebih praktis dan cepat dalam mencari saluran televisi karena mendukung masukan multipel.

6. Tombol Menu

Tombol yang digunakan untuk mengakses menu pengaturan pada TV Polytron meliputi berbagai jenis tombol. Menu pengaturan tersebut mencakup fitur manajemen channel, pencarian saluran TV, pengaturan bahasa dan waktu, serta banyak lagi fitur pengaturan lainnya.

Untuk mengelola menu pengaturan lebih detail, pengguna dapat memanfaatkan tombol navigasi atas bawah dan tombol volume kiri kanan, serta tombol OK yang berfungsi sebagai tombol enter.

7. Tombol Warna

Tombol warna pada remote TV meliputi warna merah, hijau, kuning, dan biru, yang setiap warnanya memiliki fungsi tertentu terkait dengan pengaturan yang sedang diterapkan.

Namun, jika pengguna tidak sedang dalam proses melakukan pengaturan spesifik, tombol warna ini tidak akan beroperasi. Ini berarti pengguna tidak perlu merasa cemas jika tidak sengaja menekan tombol warna ini.

8. Tombol Sumber

Tombol sumber atau source di remote TV Polytron berfungsi untuk mendeteksi, menampilkan, dan memilih sumber suara dan gambar yang ada pada televisi.

Namun, fitur ini tidak ada pada remote TV Polytron untuk tipe televisi tabung, Slim, atau jenis lainnya yang bukan smart TV, sebab perangkat TV tersebut tidak mendukung fitur ini.

9. Tombol Bisu

Tombol bisu atau mute pada remote TV Polytron berperan untuk menonaktifkan suara sepenuhnya pada televisi. Berkat adanya tombol ini, pengguna tidak perlu repot-repot mengatur volume menjadi 0 secara manual.

Cara Setting Remot Universal untuk TV Polytron

Setelah memahami Fungsi Tombol Remot TV Polytron, selanjutnya jika Kalian ingin menggunakan remote universal untuk televisi di rumah Kalian, termasuk Polytron LED, Kalian perlu melakukan konfigurasi awal agar remote tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur remot universal TV Polytron LED:

  1. Tekan dan tahan tombol ‘SET’ pada remot Kalian.
  2. Sambil tetap menahan tombol ‘SET’, tekan tombol ‘Power’, dan tunggulah hingga lampu indikator pada remot Kalian menyala.
  3. Jika lampu indikator pada remot telah menyala, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Selanjutnya, tekan kode remot Polytron yang telah disebutkan di atas secara berurutan. Misalnya, jika kodenya adalah 017, maka tekanlah angka 0, lalu 1, dan terakhir 7.
  5. Jika kode yang Kalian masukkan benar, lampu indikator akan mati.
  6. Namun, jika kode yang Kalian masukkan salah, ulangi langkah-langkah di atas dengan menggunakan kode remot yang lain.
  7. Setelah itu, coba uji coba remot TV Polytron Kalian, misalnya dengan mengganti saluran atau mengatur volume TV.
  8. Proses selesai.

Sekarang, Kalian seharusnya dapat menggunakan remote universal untuk mengontrol TV Polytron LED Kalian dengan mudah.

Baca juga :

  1. Kode Remot TV Akari Semua Merk : LED dan Tabung Terlengkap
  2. Daftar Kode Remot TV LG Terlengkap dan Baru Saat Ini
  3. Daftar Kode Remot TV Sharp, Tabung dan LCD : Cara Settingnya

 

Penutup

Secara keseluruhan, pentingnya memahami fungsi tombol remot TV Polytron tidak bisa diabaikan. Bukan hanya sebagai alat kontrol yang memudahkan kita dalam mengoperasikan televisi, tetapi juga menjadi kunci dalam mengeksploitasi semua fitur dan kecanggihan yang disediakan oleh TV Polytron.

Baca Juga :  3 Cara Setting TV Polytron LED : Panduan Lengkap

Kini, dengan pemahaman yang lebih baik tentang fungsi tombol remot TV Polytron, Kalian dapat menikmati pengalaman menonton yang lebih maksimal, memanfaatkan semua fitur dengan mudah, dan menjadikan momen menonton TV Kalian lebih menyenangkan dan memuaskan.

Ingatlah bahwa setiap tombol memiliki perannya masing-masing, dan memahami fungsi mereka akan membantu Kalian untuk mendapatkan yang terbaik dari TV Polytron Kalian.

Itu saja pembahasan dari empatpilar.com mengenai Fungsi Tombol Remot TV Polytron. Jadi, saatnya untuk memegang remot dan mengeksplorasi dunia hiburan yang tak terbatas di ujung jari Kalian! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/fungsi-tombol-remot-tv-polytron/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *