Perbedaan Hypertext dan Hypermedia

Perbedaan Hypertext dan Hypermedia Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Perbedaan Hypertext dan Hypermedia Secara Lengkap. Temukan perbedaan antara Hypertext dan Hypermedia dalam artikel mendalam ini. Pelajari lebih lanjut tentang konsep, aplikasi, dan manfaat dari teknologi ini.

Dalam era digital saat ini, kita kerap berinteraksi dengan berbagai bentuk media, mulai dari teks, gambar, video, hingga animasi.

Namun, apa yang membedakan satu media dengan yang lain? Salah satu perbedaan utama yang sering disebutkan adalah antara Hypertext dan Hypermedia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas Perbedaan Hypertext dan Hypermedia secara rinci, termasuk aspek-aspek penting seperti konsep, aplikasi, dan manfaat yang ditawarkan.

Pengertian Hypertext

Hypertext adalah teks yang terhubung dengan dokumen lain atau teks lain yang memiliki tautan/link ke informasi lain.

Saat tautan di dalam dokumen hypertext diklik, pengguna dapat dengan cepat berpindah atau melompat ke konten yang berbeda.
Meskipun hypertext sering dikaitkan dengan halaman web, teknologi ini sudah ada sejak tahun 1960-an.

Program perangkat lunak seperti ensiklopedia dan kamus sudah lama menggunakan istilah hypertext dalam definisi mereka, yang berarti pembaca dapat dengan mudah mengetahui lebih lanjut tentang topik atau kata-kata tertentu.

Web adalah contoh hypertext karena hampir setiap halaman termasuk tautan ke halaman lain, dan teks serta gambar dapat digunakan sebagai tautan ke konten lain.

Hypertext merujuk pada elemen teks yang memiliki tautan/link untuk mengakses blok teks dalam dokumen yang sama atau beberapa dokumen yang lain.

Dengan hypertext, pengguna dapat dengan mudah beralih dari satu lokasi ke lokasi yang lain menggunakan tautan/link.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai informasi dengan lebih mudah dan cepat.

Hypertext mewakili informasi secara tekstual yang terhubung untuk memberikan fleksibilitas yang lebih dalam mengakses informasi.

Lebih lanjut lagi, hypermedia adalah pengembangan dari hypertext, tetapi tidak hanya terbatas pada teks saja.

Hypermedia juga mencakup elemen multimedia seperti gambar, audio, video, dan animasi. Secara keseluruhan, hypertext membantu membuat halaman web lebih interaktif dan mudah digunakan.

Fungsi Hypertext

Sebelum memahami Perbedaan Hypertext dan Hypermedia, kami akan jelaskan fungsi hypertext, hypertext adalah sebagai berikut ini:

  1. Untuk membuat halaman web.
  2. Untuk membuat link menuju ke halaman web lain dengan kode-kode tertentu (hypertext).
  3. Untuk menampilkan berbagai macam informasi di dalam sebuah browser internet.
  4. Membantu membuat halaman web menjadi lebih interaktif.

Pengertian Hypermedia

Hypermedia adalah jenis media yang tidak hanya terdiri dari teks, melainkan juga mencakup foto, audio, video, dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu.

Istilah “Hypermedia” pertama kali diperkenalkan oleh Ted Nelson. Hypermedia merupakan pengembangan dari konsep hypertext, di mana teks, grafis, video, audio, dan tautan/link digunakan untuk membuat media informasi yang umumnya bersifat non-linear.

Ini berbeda dengan multimedia, yang merupakan istilah yang lebih luas dan dapat digunakan untuk menjelaskan presentasi yang bersifat linear maupun non-linear, termasuk hypermedia.

Contoh Hypermedia

Contoh konkret dari hypermedia adalah World Wide Web (WWW), di mana teks, gambar, audio, video, dan tautan/link digunakan untuk membuat sebuah media informasi yang sangat interaktif dan berhubungan dengan topik tertentu.

Sementara itu, contoh multimedia standar adalah presentasi bioskop non-interaktif, di mana tidak terdapat tautan/link yang dapat diakses pengguna untuk mengakses informasi lebih lanjut.

Dalam aplikasi berbasis web, informasi yang disajikan lebih sering menggunakan pendekatan hypermedia, di mana pengguna dapat berinteraksi dengan informasi tersebut melalui antarmuka web.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk berpindah ke halaman yang berbeda, mendengarkan audio, menonton video, dan melihat gambar, semuanya dalam satu platform.

Baca Juga :  Apa Itu Jet Cleaner? Pengertian dan Fungsinya

Dengan kata lain, hypermedia memungkinkan pengguna untuk memiliki pengalaman yang lebih kaya dalam mengakses dan memproses informasi secara online.

Fungsi Hypermedia

Sebelum memahami Perbedaan Hypertext dan Hypermedia, berikut adalah beberapa fungsi dari hypermedia:

  • Memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu informasi ke informasi lain tanpa harus mengikuti struktur yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Memungkinkan pengguna untuk browsing atau menjelajahi informasi dengan memilih rute atau jalur yang menarik bagi mereka.
  • Memungkinkan pengguna untuk membuat link atau koneksi mereka sendiri dengan sebuah informasi.
  • Memungkinkan pengguna untuk membuat atau menulis koleksi informasi khusus mereka sendiri dengan menghubungkan atau menambahkan teks, grafik, dan audio sesuai keinginan mereka.
  • Proses ini dikenal dengan sebutan authoring.

Dalam keseluruhan, fungsi-fungsi ini memungkinkan pengguna untuk memiliki akses yang lebih fleksibel dan interaktif terhadap informasi yang disajikan, sehingga memudahkan mereka untuk memproses dan memahami informasi secara lebih efektif.

Perbedaan Hypertext Dan Hypermedia

1. Hypertext berisi tautan/link di dalam teks, sementara pada hypermedia, tautan/link dapat disematkan pada grafik apapun yang mengarah pada media yang sama atau media lain.

2. Hypermedia adalah istilah yang lebih umum karena mencakup semua jenis grafik dan digunakan saat menautkan media di halaman web atau situs web. Sebaliknya, hypertext hanya mencakup teks yang merupakan bagian dari grafik. Dalam hal ini, hypertext dapat dikatakan sebagai salah satu jenis hypermedia.

Berikut adalah tabel perbandingan mengenai Perbedaan Hypertext dan Hypermedia :

Parameter PerbandinganHypertexthipermedia
DefinisiTeks yang digambarkan pada gadget elektronik tertentu, bersama dengan hyperlink ke teks lain dan dapat segera diakses oleh pengguna, dikenal sebagai hypertext.Fitur yang mirip dengan hypertext yang mencakup grafik, video, audio, dan bahkan gambar dikenal sebagai Hypermedia.
SubtipeHiperteks Aksial, Hiperteks Arborescent, Hiperteks Jaringan, Hiperteks Berlapis.HTML, JSON-API, Koleksi+JSON, Sirene, UBER.
ManajemenInformasi yang berkaitan dengan teks biasa.Koneksi hypertext dengan media yang mencakup grafik, audio, video, dll.
LinkTeks adalah bagian dari tautan.Teks dan multimedia adalah bagian dari tautan.
TeknologiBerdasarkan interaksi manusia-komputer.Berdasarkan bentuk non-linear media.
Aplikasi/penggunaanPembelajaran elektronik, penelitian kualitatif, dan analisis, eksplorasi sastra.Sistem komunikasi, untuk menggambarkan informasi, dalam database penelitian, dalam sistem perpustakaan elektronik.
KelebihanPenyajian informasi ke tingkat yang sesuai memberikan pembacaan dokumen yang sesuai. Tautan disediakan.Mengizinkan berbagi tautan, aliran aplikasi dapat diubah, tautan baru dapat diperkenalkan, mudah dijelajahi, referensi yang diberikan dapat dilacak, dan informasi yang diberikan dapat disusun dengan cara yang diinginkan.
KekuranganIni mungkin memberikan informasi yang tidak dapat diandalkan. Tidak ada informasi latar belakang yang langsung ditautkan.Kemungkinan tautan rusak, pengguna mungkin menjelajah dengan tergesa-gesa.

Penutup

Sebagai penutup, Perbedaan Hypertext dan Hypermedia telah kita bahas secara lengkap.

Keduanya merupakan konsep yang erat kaitannya dengan navigasi dan penyajian informasi di dunia maya.

Meski sering digunakan secara bergantian, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda.

Hypertext lebih fokus pada teks dengan tautan yang menghubungkan antar dokumen, sementara hypermedia mencakup berbagai jenis media seperti teks, gambar, video, dan audio yang saling terhubung melalui tautan.

Dalam era digital saat ini, pemahaman akan perbedaan hypertext dan hypermedia menjadi penting untuk membantu kita menyusun dan menyajikan informasi dengan lebih efektif dan menarik.

Semoga pembahasan dari empatpilar.com ini bermanfaat bagi Kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang teknologi dan konsep di balik navigasi web dan media digital.

Ingatlah, penguasaan teknologi informasi akan membantu Kalian untuk bersaing di dunia yang semakin canggih dan terkoneksi.

Baca Juga :  Ukuran Foto 4×6 Dalam Beberapa Satuan (mm,cm,inchi,pixel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *