Pengertian Trademark dan Contohnya

Pengertian Trademark dan Contohnya Yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Trademark dan Contohnya Yang Perlu Kalian Ketahui. Apakah Kalian tahu apa itu pengertian trademark dan contohnya? Jika Kalian memiliki bisnis atau merencanakan untuk memulai bisnis, maka istilah ini pasti sangat penting bagi Kalian.

Di dalam dunia bisnis, trademark atau merek dagang merupakan hal yang sangat penting. Merek dagang merupakan suatu tanda yang digunakan untuk membedakan produk atau jasa dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai Pengertian Trademark dan Contohnya agar lebih mudah dipahami.

Mengenal Trademark

Merek dagang, atau yang biasa disebut sebagai trademark, merujuk pada simbol, frasa, kata, slogan, atau gambar yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengidentifikasi produk mereka dan membedakannya dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan lain.

Penggunaan trademark dapat membantu meningkatkan kesadaran merek sehingga produk yang ditawarkan akan lebih mudah diingat dan membedakan dari produk lainnya.

Ketika konsumen melihat trademark perusahaan, mereka akan langsung mengetahui jenis produk yang ditawarkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan trademark harus didaftarkan terlebih dahulu untuk mencegah penggunaan oleh perusahaan lain.

Dasar Hukum

Peraturan pemerintah yang mengatur mengenai hal ini adalah:

  • UU nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis
  • Undang-undang nomor 15 tahun 2001 tentang Merek

Contoh Trademark

Pengertian Trademark dan Contohnya, merek dagang dapat memiliki berbagai bentuk, di antaranya:

1. Simbol Merek Dagang

Simbol dapat digunakan sebagai merek dagang untuk membedakan produk dari yang lain. Beberapa contoh merek dagang yang menggunakan simbol adalah McDonald’s dengan lengkungan emas berbentuk M, Nike dengan tanda centang atau swoosh pada setiap produknya, dan Apple dengan logo buah apel yang digigit.

2. Slogan Merek Dagang

Slogan digunakan sebagai merek dagang agar mudah diingat oleh konsumen. Beberapa perusahaan yang menggunakan slogan sebagai merek dagangnya adalah McDonald’s dengan “I’m lovin’ it” dan Nike dengan “Just do it”.

3. Nama Perusahaan sebagai Merek Dagang

Nama pendiri perusahaan juga dapat menjadi merek dagang, seperti Dior, Louis Vuitton, Chanel, dan lain-lain.

4. Karakter Merek Dagang

Karakter atau maskot perusahaan juga dapat menjadi merek dagang yang membedakan produk dari yang lain. Contohnya, The Walt Disney Company dengan karakter Mickey Mouse dan Dufan (Dunia Fantasi) dengan kera bekantan yang mengenakan baju berhuruf D.

Arti Simbol R (®), TM (™), dan C (©)

Setelah mengetahui Pengertian Trademark dan Contohnya selanjutnya terkait dengan trademark atau merek dagang, selama ini biasanya sebuah logo atau brand disandingkan dengan beberapa simbol seperti ®, ™, dan ©. Ketiganya punya arti masing-masing lho.

1. Arti Simbol ™

Simbol ™ digunakan untuk menandakan bahwa produk, layanan, atau merek yang dikeluarkan ke pasar belum terdaftar secara resmi di HKI, tetapi proses pendaftaran hak merek sudah disetujui oleh badan terkait.

Dengan kata lain, simbol ™ menunjukkan bahwa brand atau logo yang digunakan sudah disetujui untuk digunakan, tetapi belum memiliki pendaftaran resmi di HKI.

2. Arti Simbol ®

Simbol ® digunakan untuk menandakan bahwa produk, layanan, atau barang yang dikeluarkan ke pasar telah terdaftar secara resmi di HKI.

Simbol ini menunjukkan bahwa pemilik merek dagang telah mendaftarkan merek dagang mereka dan memiliki hak eksklusif atas penggunaan merek dagang tersebut.

Dengan kata lain, simbol ® menunjukkan bahwa merek dagang sudah terdaftar dan dilindungi secara hukum.

3. Arti Simbol ©

Simbol © digunakan untuk menandakan bahwa proses kerja kreatif telah memiliki hak cipta atau copyright yang secara resmi dilindungi oleh undang-undang di Indonesia.

Baca Juga :  Sejarah Internet dan Manfaatnya Secara Lengkap

Hal ini diatur secara khusus dalam UU No. 19 tahun 2020 yang membahas tentang Hak Cipta. Dengan menggunakan simbol ©, pencipta karya dapat memberitahukan kepada orang lain bahwa karya tersebut dilindungi oleh hak cipta dan tidak dapat digunakan tanpa izin.

Trademark atau Merek Dagang yang Tidak Bisa Didaftarkan

Pendaftaran merek dagang di Indonesia dapat dilakukan melalui HKI. Jika pemilik produk atau jasa telah mendaftarkan merek dagangnya, maka pemilik merek akan memperoleh perlindungan hukum yang sah.

Namun, tidak semua merek dapat didaftarkan. Berdasarkan Pasal 5 UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek, ada beberapa jenis merek yang tidak dapat didaftarkan, seperti:

  • Merek yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama, kesusilaan, atau ketertiban umum;
  • Merek yang tidak memiliki daya pembeda;
  • Merek yang telah menjadi milik umum; atau
  • Merek yang merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

Alasan Mengapa Trademark Penting Untuk Bisnis

Nah setelah Pengertian Trademark dan Contohnya. Terdapat beberapa alasan mengapa trademark atau merek dagang penting bagi sebuah bisnis, di antaranya adalah:

1. Trademark menjadi alat komunikasi yang efektif

Sebagai salah satu bentuk trademark, logo dapat menjadi alat yang efektif untuk mengkomunikasikan informasi bisnis kepada target pasar.

Dengan melihat logo bisnis, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui jenis produk yang ditawarkan tanpa harus berbicara langsung.

Contohnya, ketika melihat logo buah apel yang tergigit pada sebuah laptop, konsumen dapat dengan mudah mengetahui bahwa laptop tersebut diproduksi oleh perusahaan teknologi bernama Apple.

Mereka juga dapat dengan mudah menilai reputasi dan kualitas produk tersebut. Oleh karena itu, logo merupakan elemen penting dalam membangun citra merek dan mempromosikan bisnis.

2. Memudahkan pelanggan untuk menemukan produk-produk Kalian

Fungsi utama dari trademark adalah untuk membedakan produk Kalian dengan produk pesaing dalam bisnis yang sama.

Dengan memiliki trademark, pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk yang dimiliki oleh perusahaan Kalian.

Sebagai contoh, ketika pelanggan mencari sneaker merek Nike di sebuah mal, mereka akan mencari outlet yang menampilkan simbol “Swoosh” pada logo merek tersebut.

Di era digital saat ini, sebagian besar pelanggan mencari informasi atau melakukan pembelian produk secara online.

Karena banyaknya bisnis online yang beroperasi, memiliki trademark akan memudahkan pelanggan untuk menemukan produk yang ditawarkan oleh perusahaan Kalian.

Pelanggan dapat mencari produk menggunakan nama merek yang digunakan pada pencarian internet.

Oleh karena itu, memiliki trademark sangat penting untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan visibilitas bisnis Kalian.

3. Menghindari plagiarisme

Apabila produk yang dimiliki populer dan disukai banyak orang, banyak pihak yang berusaha meniru atau bahkan memalsukannya.

Tanpa pendaftaran merek dagang atau trademark, akan sulit untuk melindungi produk tersebut dan membuktikan bahwa Kalian adalah pemilik yang sah.

Karena alasan tersebut, para pemilik bisnis perlu mendaftarkan merek dagang mereka agar merek perusahaan tidak disalahgunakan oleh perusahaan lain.

Dengan memiliki merek dagang yang terdaftar, pemilik bisnis dapat melindungi produk mereka dan memperkuat hak kepemilikan atas merek dagang tersebut.

Dengan demikian, pendaftaran merek dagang sangat penting untuk melindungi bisnis dan memperkuat posisi pemilik merek dagang di pasar.

Trademark VS Copyright

Beberapa orang mungkin masih bingung membedakan antara trademark dan copyright. Kedua istilah tersebut digunakan untuk melindungi kekayaan intelektual yang dimiliki oleh individu, kelompok, atau bisnis.

Namun, meskipun demikian, trademark dan copyright memiliki perbedaan. Salah satu perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah apa yang dilindungi secara khusus.

1. Apa yang dilindungi oleh Trademark?

Trademark digunakan untuk melindungi kekayaan intelektual yang mencakup kata, frasa, simbol, atau desain yang membedakan produk tertentu dari produk yang lain.

2. Apa yang dilindungi oleh Copyright?

Copyright adalah hak cipta yang melindungi produk kreatif yang telah dibuat oleh pembuatnya dari penjiplakan atau masalah lainnya yang dapat mengancam produk tersebut. Contoh produk yang dilindungi oleh hak cipta antara lain puisi, novel, penelitian, film, lagu, perangkat lunak, dan lain-lain.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis, istilah “trademark” atau “merek dagang” seringkali digunakan untuk melindungi identitas merek dan produk dari penggunaan yang tidak sah oleh pihak lain.

Baca Juga :  Perbedaan WiFi dan Hotspot, Jangan Sampai Salah !!

Secara sederhana, trademark dapat diartikan sebagai tanda yang digunakan untuk membedakan suatu produk atau jasa dari produk atau jasa sejenis yang ada di pasaran.

Contoh dari trademark yang terkenal adalah logo Apple yang merupakan merek dagang dari perusahaan teknologi Apple Inc.

Logo Nike yang memiliki bentuk “swoosh” juga merupakan contoh trademark yang ikonik. Selain itu, nama merek Coca-Cola dan McDonald’s juga merupakan contoh trademark yang populer dan mudah dikenali.

Dalam mengajukan permohonan pendaftaran trademark, terdapat berbagai persyaratan dan prosedur yang harus dipenuhi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penting bagi pemilik merek untuk melindungi merek dagangnya dari penggunaan yang tidak sah, sehingga merek dapat dikenal dan dipercaya oleh konsumen.

Itulah ulasan yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Pengertian Trademark dan Contohnya. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *