Rangkaian UPS Sederhana

Gambar Rangkaian UPS Sederhana, Yang Mudah Dipahami

Posted on

Empat Pilar – Gambar Rangkaian UPS Sederhana, Yang Mudah Dipahami. Dapatkan informasi lengkap tentang Rangkaian UPS Sederhana, solusi efisien dan ekonomis untuk memenuhi kebutuhan listrik Kalian. Pelajari cara kerja, kelebihan, dan cara membuatnya di sini.

Ketika listrik padam atau tidak stabil, Rangkaian UPS Sederhana menjadi solusi pintar untuk menjaga peralatan elektronik Kalian tetap berfungsi.

UPS, atau Uninterruptible Power Supply, merupakan perangkat yang menjembatani antara sumber listrik utama dan perangkat elektronik saat terjadi pemadaman listrik atau gangguan listrik lainnya.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang Rangkaian UPS Sederhana dan mengapa Kalian harus mempertimbangkannya untuk kebutuhan listrik Kalian.

Pengertian UPS

UPS atau Uninterruptible Power Supply adalah perangkat yang dapat memberikan cadangan energi saat terjadi pemutusan arus listrik atau penurunan daya.

Fungsinya yang cepat bereaksi dapat mencegah kerusakan pada perangkat akibat pemadaman listrik yang tiba-tiba.

UPS memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari seukuran motherboard komputer hingga yang membutuhkan ruang penyimpanan khusus.

UPS memiliki komponen sumber energi yang akan terisi penuh saat terhubung dengan sumber arus listrik.

Ketika terjadi pemadaman listrik, baterai UPS akan menjaga kestabilan arus pada perangkat yang terhubung dengannya.

Baterai tersebut memberikan cadangan energi yang cukup untuk mematikan perangkat secara manual sampai menemukan sumber listrik lainnya.

UPS bereaksi cukup cepat setelah terjadi pemadaman listrik. Perusahaan besar mungkin membutuhkan banyak UPS karena UPS hanya menyediakan daya untuk perangkat yang terhubung dengannya.
Meskipun demikian, pasokan daya UPS biasanya hanya cukup untuk beberapa menit, tergantung pada kapasitas baterai.

UPS dirancang untuk membantu mematikan perangkat secara manual atau menyambungkannya dengan sumber daya lain yang lebih tahan lama dalam waktu singkat.

Fungsi UPS

Banyak perusahaan dan bisnis yang menggunakan UPS sebagai pendukung generator untuk menangani peralihan sumber daya antara PLN dan generator.

Saat jaringan listrik terputus, UPS memberikan waktu untuk menyalakan generator tanpa membuat perangkat kerja atau mesin mati total.

Perusahaan besar yang membutuhkan UPS ukuran masif dalam jumlah banyak biasanya memiliki ruangan khusus untuk menyimpannya.

UPS juga banyak digunakan di berbagai gedung tinggi yang menggunakan lift. Ketika listrik tiba-tiba terputus, UPS memberikan cukup waktu bagi pengguna lift untuk menyelesaikan rutenya, sehingga mengurangi kemungkinan terjebak.

Pengelola gedung juga dapat menyambungkan lift ke sumber listrik lain dengan cepat sehingga pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama di dalam lift saat listrik tiba-tiba padam.

Meningkatnya jumlah perusahaan teknologi informasi dan komunikasi, kantor layanan umum, serta institusi berbasis data lainnya menjadikan UPS semakin penting.

UPS memberikan waktu untuk mengalihkan daya atau mematikan perangkat seperti komputer dan motherboard agar tidak mudah rusak.

Pengguna juga dapat memilih dengan mudah antara mematikan perangkat atau menyambungkannya ke generator saat terjadi pemadaman listrik.

Gambar Rangkaian UPS Sederhana

Bagi sebagian orang, istilah uninteruptible power supply atau yang lebih dikenal sebagai UPS mungkin sudah tidak asing lagi.

UPS adalah sistem penyedia listrik yang sangat penting dan diperlukan karena dapat menjadi benteng bagi kegagalan daya serta kerusakan sistem dan hardware.

Pada banyak perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, informasi, internet, dan lain sebagainya, UPS dianggap sebagai sistem yang sangat penting dan diperlukan.

Bayangkan saja berapa besar kerugian yang timbul jika kegagalan daya listrik pada sistem tersebut tidak dilindungi oleh UPS.

Rangkaian UPS Sederhana ini dapat digunakan sebagai sistem UPS di rumah atau kantor.

Terdapat dua jenis UPS yang umum dijumpai di pasar dan paling dikenal banyak orang, yaitu UPS jenis standby dan UPS jenis online/line interactive.

Baca Juga :  Cara Download Film Gratis di HP dan Windows

Setiap jenis UPS memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Fungsi utama dari UPS adalah: dapat memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama (PLN), memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk menghidupkan genset sebagai pengganti daya listrik PLN, memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk melakukan backup data dan mengamankan Operating System (OS) dengan melakukan shutdown sesuai prosedur ketika listrik utama (PLN) padam, mengamankan sistem komputer dari gangguan listrik yang dapat mengganggu baik software, data, maupun hardware, melakukan stabilisasi tegangan secara otomatis ketika terjadi perubahan tegangan pada input sehingga tegangan output yang digunakan oleh sistem komputer menjadi stabil, dan dapat diintegrasikan dengan jaringan Internet.

Jika ingin merakit sendiri UPS, berikut disajikan rangkaian UPS sederhana.

Rangkaian UPS sederhana dapat memberikan tegangan 12 Volt tidak teratur dan 5 Volt DC teratur.

Transformator T1 menurunkan tegangan listrik menjadi 12V AC dan kemudian diubah menjadi arus searah dengan jembatan B1.

Sinyal kemudian diperbaiki dan dihaluskan oleh kapasitor C1. Saat pasokan listrik tersedia, baterai akan diisi melalui dioda D3 dan IC regulator akan mendapatkan pasokan melalui dioda D5. Tegangan 12V dan 5V DC akan tersedia di terminal output.

Jika pasokan listrik tidak tersedia, baterai akan memberikan arus ke IC regulator dan ke terminal 12V DC melalui dioda D4.

Dioda D3 akan memblokir aliran arus mundur selama mode baterai. Kapasitor C2 dan C3 berfungsi sebagai filter.

Manfaat Menggunakan UPS

UPS adalah salah satu investasi terbaik bagi perusahaan, pemilik bisnis, dan institusi masa kini. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menginstal UPS:

1. Mencegah Hilangnya Data

Dengan memasang UPS, risiko kehilangan data saat terjadi pemadaman listrik mendadak dapat dikurangi karena Kalian memiliki waktu untuk menyelamatkan data.

Saat listrik padam, Kalian bisa memindahkan sumber energi ke generator atau menyelamatkan data penting. Hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya kesalahan dalam pekerjaan.

2. Menjaga Kondisi Perangkat Elektronik

Pemadaman listrik mendadak yang terlalu sering dapat mengurangi usia perangkat elektronik. Dengan UPS, Kalian dapat mengurangi risiko tersebut karena perangkat tidak mati secara langsung saat listrik terputus.

UPS membantu menjaga kestabilan arus listrik dari dan ke perangkat ketika listrik padam. Hal ini menjaga kondisi komponen elektronik perangkat tetap stabil.

3. Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Kegiatan bisnis dapat terganggu saat data hilang atau perangkat rusak akibat putusnya listrik. Dengan UPS, Kalian dapat menjaga efisiensi kegiatan usaha, karena pemutusan arus listrik tidak berpengaruh pada kegiatan harian.

Kalian juga dapat menjaga perkakas agar awet lebih lama, sehingga menghemat biaya perbaikan dan penggantian.

4. Mengurangi Risiko Kebakaran

Pemutusan listrik mendadak dapat meningkatkan potensi kebakaran akibat korsleting. UPS membantu menjaga kestabilan keluar masuknya arus listrik, mengurangi risiko korsleting.

Hal ini dapat menjaga kantor atau tempat usaha Kalian dari bahaya kebakaran meskipun pemutusan listrik terjadi berkali-kali.

Penutup

Sebagai penutup, rangkaian UPS sederhana yang telah kita bahas dalam artikel ini, menunjukkan bahwa pemahaman dasar tentang elektronik dan komponen yang digunakan sangat penting dalam membangun sistem penunjang daya yang efektif dan efisien.

Gambar rangkaian UPS sederhana yang telah kita sajikan memudahkan Anda untuk memahami konsep dasar yang melatarbelakangi fungsi dari UPS itu sendiri.

Kendati demikian, dalam praktiknya Anda mungkin akan menemui rangkaian UPS yang lebih kompleks dengan berbagai fitur tambahan untuk meningkatkan kinerja dan keandalan sistem.

Namun, dengan memahami dasar-dasar rangkaian UPS sederhana yang telah kita bahas, Anda telah melangkah satu langkah lebih maju dalam memahami teknologi yang mendukung sistem cadangan daya ini.

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Rangkaian UPS Sederhana ini, bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengembangkan pengetahuan serta keterampilan dalam bidang elektronika dan sistem penunjang daya.

Baca Juga :  Pengertian Speaker dan Cara Kerjanya Secara Lengkap

Selamat mencoba dan terus eksplorasi dalam dunia elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *